2
Assalamu'alaikum Wr. Wb

Tak habis-habisnya perkembangan teknologi di era globalisasi ini.

Biobot, kecoak cyborg, robot kecoa,


Seperti apa yang kita tahu, Kecoak merupakan hewan yang dianggap menjijikan. Tetapi tanpa sepengetahuan kita hewan menjijikan itu ternyata dapat menyelamatkan umat manusia. 

Tim peneliti dari North Carolina State University tengah mengembangkan robot kecoa yang diklaim dapat menyelamatkan para korban dari sebuah reruntuhan bangunan, atau bahkan gua-gua tambang. Kecoa robot yang disebut 'biobot' ini diciptakan dengan teknologi pendeteksi suara yang super sensitif berukuran mini.

Kecoak Cyborg ini dilengkapi dengan mikrofon dan sensor yang dapat mencari sumber suara. Suara-suara yang dimaksud adalah teriakan seseorang yang meminta tolong. Dengan robot ini maka proses evakuasi korban bisa lebih tepat dan cepat.

Para kecoak yang dikendalikan dengan remote control ini akan diperintahkan untuk memasuki wilayah-wilayah yang tak bisa dijangkau manusia untuk mencari korban bencana alam yang terjebak dalam sebuah gedung yang dilanda kebakaran dan tanah longsor. 

Pasukan Kecoak Cyborg akan dirantai dan bejalan pada sebuah trackball sedangkan orang yang mengontrol mereka akan memberikan arus listrik ke saraf serangga tersebut untuk mengarahkan pergerakan kecoa.  

Penyelamatan dengan cara menganalisis jenis suara dan mencari sumber suara sendiri hingga saat ini masih dipercaya sebagai metode terbaik untuk membantu tim SAR dalam mencari korban bencana.

Referensi :  http://m.infospesial.net/41468/kecoa-cyborg-penyelamat-manusia/
                   http://www.bigoo.co.vu/2014/11/robot-kecoa-atau-kecoa-cyborg.html
                   http://techno.okezone.com/read/2015/03/05/56/1114199/kecoak-di-masa-depan-  bisa-selamatkan-umat-manusia

Post a Comment

 
Top