41
Assalamu'alaikum Wr. Wb

AD-ITech - Internet. Seberapa seringkah anda menggunakan internet dalam sehari? Apa kita sudah merasa bahwa kita telah mengenal betul internet? Sebenarnya belum. Pada kehidupan sehari-hari kita hanya mengenal atau melihat permukaannya saja atau disebut dengan Surface Web. Siapa yang tau bahwa internet juga mempunyai kedalaman juga, sama halnya seperti laut.

Istilah ini disebut dengan Deep Web. Jika kite melakukan browsing, sebenarnya itu hanya permukaannya saja. Deep Web atau bisa disebut juga sisi gelap tidak dapat diakses seperti biasanya, bahkan dengan google. Pada kesempatan kali ini, mungkin kita akan berkenalan dengan Sisi Gelap Dunia Internet.

Mengenal Deep Web - Sisi Gelap Dunia Internet

Daftar Isi
Pengertian Deep Web
Isi Deep Web
Bahaya Deep Web
Film Bertemakan Deep Web

Pengertian Deep Web
Deep Web disebut juga Deepnet, DarkNet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web. Deep Web ini termasuk salah satu bagian dari internet, tetapi sangat sulit untuk mencari inforasi tersebut.

Mengenal Deep Web - Sisi Gelap Dunia Internet

Mengenal Deep Web - Sisi Gelap Dunia Internet


Web dan Situs di dalam Deep Web tidak bisa dijangkau hanya dengan mesin pecari seperti google, yahoo, bing, dan lain-lain. Untuk memasuki Deep Web sangat dibutuhkan tools khusus. Faktanya Surface Web hanya berisi 4% dari keseluruhan yang berarti Deep Web memiliki isi sebanyak 96% data yang ada di internet.

Istilah deep web pertama kali dipopulerkan oleh Mike Bergman, pendiri BrightPlanet. Sejak tahun 2001, deep web dikenal memiliki konten dan informasi yang jumlahnya jauh lebih banyak dari surface web. Istilah surface web dan deep web digunakan untuk menganalogikan dunia internet secara keseluruhan.

Isi Deep Web
Banyak sumber mengatakan bahwa deep web sebagian  besar berisi  tentang informasi illegal. Bahkan banyak pula banyak situs tidak lazim, seperti situs jual beli organ manusia, situs sewa untuk menghilangkan nyawa orang lain, situs experimen manusia, ataupun situs jual beli barang illegal atau pasar gelap.

Dikatakan juga bahwa Deep Web juga menjadi surga bagi para pelaku pedofilia, karena disana mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan. Deep Web juga merupakan tempat yang sangat berbahaya untuk dikunjungi, karena disana banyak sekali hacker berkeliaran. Selain itu, disanalah tempat dimana virus-virus komputer dibuat.

Disana kita juga dapat menemukan tutorial-tutorial aneh seperti cara membuat bom, cara membunuh tanpa ketahuan, cara menculik dan lain sebagainya.

Ukuran Deep Web berdasarkan ekstrapolasi yang dilakukan oleh Universitas California, Berkeley pada tahun 2001, memperkirakan bahwa Deep Web memiliki ukuran sekitar 7,5 terrabyte. Ukuran yang lebih akurat disebutkan dalam penelitian yang dilakukan oleh He, et al. (2003) mendeteksi sekitar 300.000 situs Deep Web yang ada di seluruh Web pada tahun 2004,dan menurut Shestakov, sekitar 14.000 situs Deep Web berada di bagian web Rusia pada tahun 2006.

Mengenal Deep Web - Sisi Gelap Dunia Internet


Bahaya Deep Web
Deep web memang sangat berbahaya bagi para pengguna di dunia internet biasa. Ada banyak hacker atau pihak-pihak yang bisa mendeteksi keberadaan kita dengan mudah ketika kita memasuki deep web. Jika kita melakukan kecerobohan saat membuka deep web, bukan mustahil para hacker akan mengungkap identitas kita bahkan mencuri informasi yang kita miliki.

Tingkatan dalam deep web terdiri dari level 0 hingga mencapai level 8 yang merupakan tingkatan tertinggi dari deep web, yang pasti isinya sangat berbahaya dan rahasia. Jika menggunakan komputer biasa tidak mungkin Anda bisa memasuki dalam level ini.

Film Bertemakan Deep Web
Ada beberapa film yang mengangkan Deep Web sebagai temanya, yaitu film berjudul Deep Web. Film ini termasuk ke dalam film dokumentari terhadap internet baru yaitu Deep Web. Simak trailernya berikut ini.


 Adapun beberapa video di youtube yang mengangkat dokumentasi deep web sebagai topik utamanya. Kita bisa mencarinya dengan mengetikan " Deep Web Documentary " di kotak pencarian video.

Mengenal Deep Web - Sisi Gelap Dunia Internet
 Jangan kaget setelah anda melihat tayangan video tersebut. Karena isinya sangat menggelikan dan menyeramkan.

Mengenal Deep Web - Sisi Gelap Dunia Internet
Mengenal Deep Web - Sisi Gelap Dunia Internet

Cukup sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan. Saya sangat menyarankan bagi anda yang ingin mencoba memasuki Deep Web, karena bahayanya sama dengan 500 kali dari bahaya dari surface web. Jika anda mengabaikan semua ini dan pergi ke deep web, keselamatan bahkan nyawa kalian akan dipertaruhkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian, terima kasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Post a Comment

  1. Bermanfaat banget nih infonya, jadi mengenal lebih jauh seluk beluk internet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, semoga agan berhati-hati dalam menjalajahi internet ya gan. Internet itu lebih berbahaya dari yang kita duga.

      Delete
  2. Bermanfaat banget ini gan,terimakasih

    ReplyDelete
  3. Ajarin dong gimana caranya jadi blogger
    Kasih saran/apa lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh gan, untuk langkah awal, agan bisa belajar dulu untuk membuat post yangbaik dan benar.

      Delete
    2. Terus setelah itu apa gan langkah selanjutnya?

      Delete
    3. Oke gan, kalo kita udah bisa bikin artikel yang berkualitas, selanjutnya adalah belajar SEO (Search Engine Optimizer).

      Delete
  4. Diatas langit masih ada langit, kalo ini ibarat dibawah tanah masih ada tanah (deep web) haha.. Nice info, lanjut terusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali gan, di bawah tanah masih ada tanah juga. Terima kasih kunjungannyaa

      Delete
  5. Terima kasih, informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Emang dari berita banyak kabar tentang sisi gelap deepweb. Tapi entahlah.
    Tapi, sangat bermanfaat lah gan 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ganwati, deep web itu katanya bahaya banget kalo kita gak hati".. terima kasih juga kunjungannya

      Delete
  7. Di internet ada yang begituan juga yaa.. ih..
    Makasih loh gan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, internet itu gak seperti yang kita bayangkan juga. Terima kasih juga kunjungannya

      Delete
  8. sangat bermandaat ternyata infonya,thanks gan

    ReplyDelete
  9. wah... keren banget, aku baru tau tentang hal ini, dan aku langsung ngerti, pokoknya bermanfaat banget, makasih bro...

    ReplyDelete
  10. Ih serem. Btw thx infonya gan👍

    ReplyDelete
  11. Mantaplah gan. Makasih infonya yaaa berguna banget

    ReplyDelete
  12. walahh gann, kimia aja udh bikin saya bingung, bisa di perjelas singkat ga gan....

    ReplyDelete
  13. Gan , menurut saya deep web bukan sisi terdalam dari internet . Menurut saya sih setelah deep web masih ada mariana web yang isinya agan bisa cari tau sendiri :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, sebenernya masih ada lagi, kita bahas sedikit" dari atas

      Delete

 
Top